Beranda / Berita

MENGENAL LEBIH DALAM DIRECT PROMOTION WISATA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI WISATA UNTUK MENGGENJOT KUNJUNGAN WISATA DI BLITAR.


Source: Team Kreatif DISPARBUDPORA Kab. Blitar. 2022-03-21

BLITAR - Pada Tanggal 10 sampai dengan 12 Maret 2022, Kabupaten Blitar kedatangan tamu istimewa dari berbagai daerah di pulau Jawa, mereka adalah para pelaku wisata yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah para seller yang terdiri dari pelaku wisata seperti pemilik destinasi wisata, marketing hotel, biro wisata, pemilik restoran dan oleh – oleh yang berasal dari berbagai Kabupaten Kota di Jawa Timur. Sedangkan kelompok yang kedua adalah para buyer yang berjumlah 25 Biro Perjalanan Wisata yang berasal dari, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogjakarta.


Kehadiran para tamu Direct Promotion ini merupakan inisiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa TImur yang dikemas dalam kegiatan Direct Promotion pariwisata Jawa Timur Tahun 2022.


Sebagai Perangat Daerah yang mengampu terkait kepariwisataan maka Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Blitar memberikan support dan mengambil peran penting dalam pelaksanaan Direct Promotion yang berlangsung selama tiga hari di Blitar. Hal Itu dimulai dengan penyambutan para delegasi Direct Promotion oleh Bupati Blitar di Pendopo Ronggohadinegoro pada Tanggal 10 Maret 2022 yang dikemas dalam bentuk welcome dinner delegasi Direct Promotion pariwisata Jawa Timur yang mana pada kesempatan ini Bupati Blitar memprsentasikan secara langsung potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Blitar serta menyampaikan harapannya kepada para delegasi untuk dapat menjual dan meyakinkan para wisatawan agar tertarik untuk berkunjung ke Blitar.


Selanjutnya pada hari Jum’at tanggal 11 Maret 2022 merupakan acara inti Direct Promotion pariwisata Jawa Timur yaitu Table Top Meeting yang diselenggarakan di Hall Hotel Puri Perdana, Jalan Anjasmoro Kota Blitar. Table Top Meeting merupakan kegiatan yang mempertemukan para seller dengan buyer, dimana para seller mempresentasikan paket – paket wisata yang menjadi unggulan perusahaannya seperti, paket wisata destinasi, paket wisata religi, paket wisata mice dan paket – paket wisata lainnya.


Kegiatan table top ini diatur sedemikian rupa dengan sistem roll robin sehingga para seller dapat mempresentasikan paket wisata yang dimiliki kepada seluruh buyer yang hadir, secara teknis sistem roll robin dapat digambarkan dimana dua puluh lima orang buyer dibagi menjadi lima kelompok, setiap kelompok menempati lima kursi dengan satu meja bundar di depannya, lalu para seller diatur sesuai nomor urutnya mendatangi meja buyer dan mempresentasikan paket wisata yang dimiliki dengan waktu yang telah ditetapkan panitia kurang lebih sekitar 7 menit, setelah selesai presentasi pada meja pertama maka seller akan berpindah presentasi ke meja berikutnya dengan waktu yang sama seperti presentasi di meja yang pertama dan demikian selanjutnya sampai selesai dimeja kelima. Selain kegiatan presentasi, panitia juga menyediakan sesi Free Dealing dimana para buyer dan seller diberi kesempatan untuk menindaklanjuti apabila pada sesi presentasi ada yang dianggap menarik atau cocok maka pada sesi ini dapat ditindaklanjuti dengan transaksi ataupun tawar menawar harga sampai tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak. Pelaksanaan Table Top Meeting ini terbagi menjadi dua kelompok waktu dan berakhir sampai dengan jam 17.00 WIB.


Kegiatan direct promotion pada Hari Sabtu tanggal 12 Maret 2022 dilanjutkan dengan Famtrip para buyer, famtrip merupakan singkatan dari Familirization Trip yang merupakan perjalanan wisata untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Blitar. Para buyer yang terdiri dari biro perjalanan wisata dari 5 provinsi di Pulau Jawa diajak berkeliling tempat wisata yang ada di Blitar dengan harapan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang potensi wisata yang ada di Blitar sekaligus menjadi simulasi alur perjalanan paket wisata potensial di Blitar.


Adapun tempat yang dikunjungi saat Famtrip adalah Omah Jenang di Desa Rejowinangun Kecamatan kademangan, Kampung Coklat di desa Plosorejo Kecamatan Kademangan, Pantai Serang di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Kebon Kopi Karanganjar di Desa Modangan Kecamatan Nglegok, Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.


Secara umum para buyer merasa takjub dan terkejut dengan potensi wisata di Blitar yang dikunjungi pada saat Famtrip, mereka rata – rata belum mengetahui keberadaan destinasi wisata yang ada Blitar dan dianggap potensial untuk dijual kapada para wisatawan yang menjadi pelanggan tour mereka. Kegiatan penutup dari rangkaian Direct Promotion Jawa Timur di Blitar adalah para buyer menyaksikan pertunjukan Sendratari Festival Kresnayana yang diselenggarakan di Amphiteater Penataran. Dimana Festival Kresnayana Tahun 2022 ini telah masuk dalam 10 Top Event Provinsi Jawa Timur dan juga menjadi Kalender Event wisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia tahun 2022. Pada Tahun ini Festival Kresnayana telah dijadwalkan empat kali pagelaran yaitu pada bulan Maret, Juni, Agustus dan Oktober. Diharapkan dengan adanya Kalender Event Kabupaten Blitar Tahun 2022 ini dapat membantu para seller dan buyer untuk membuat paket wisata yang menarik untuk dijual pada para wisatawan.


Secara umum penyelenggaran kegiatan Direct Promotion Pariwisata Jawa Timur Tahun 2022 di Blitar ini dapat terealisasi dengan baik, lancar dan sukses. Lebih lanjut diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat mengenalkan destinasi wisata dan juga paket wisata yang ada di Blitar serta lebih lanjut kita berharap para buyer dapat menjual dan membawa para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Blitar.